Kumpulan Ukuran Paving Block & Bentuknya Lengkap

Gallery Lawang Indah Beton 6 Kumpulan Ukuran Paving Block & Bentuknya Lengkap 1

Anda sedang membangun rumah, atau ingin membuat lahan kosong terlihat lebih rapi? Paving block solusinya. Pasti Anda sudah pernah melihat area tanah yang diatasnya diberi beton dengan bentuk yang beragam.

Beton tersebut bernama paving block. Paving block seringkali digunakan pada halaman taman, lapangan atau area pejalan kaki.

Dengan berbagai fungsi tersebut membuat paving block memiliki beragam model dan ukuran. Nah, untuk Anda yang berniat membeli paving block sebaiknya ketahui dulu berbagai ukuran paving block dan bentuknya secara lengkap.

Apa Itu Paving?

Sebelum mengetahui berbagai model dan ukurannya, apakah Anda sudah benar – benar tahu paving block ini atau hanya sebatas langsung menggunakannya?

Paving block adalah salah satu material beton konstruksi yang dibuat berasal dari campuran air, semen portland, air dan agregat. Paving block dibuat dengan cara dicetak lalu dikeringkan dengan cara dianginkan.

Fungsi paving block ini yaitu sebagai area penutup tanah. Mungkin Anda juga sering melihatnya di jalan – jalan setapak atau di halaman outdoor. 

Tidak hanya berfungsi sebagai penutup tanah, ada paving block yang juga memiliki motif atau pola di atasnya. Sehingga halaman yang telah dipasangi beton tersebut bisa terlihat lebih hidup dan tidak monoton.

Bukankah dalam menutup tanah dapat menggunakan semen atau cara lain? Hal tersebut memang benar, namun paving block dapat lebih efektif jika digunakan.

Karena beton ini dapat dengan mudah dilepas dan dipasang kembali. Jadi, apabila suatu saat nanti terjadi kerusakan Anda dapat bisa dengan mudah menggantinya tanpa harus panggil tukang.

Selain itu, jika Anda perhatikan baik – baik ketika paving block telah terpasang maka ada celah sedikit antara paving nya. Celah inilah yang dapat membantu air agar masuk ke tanah apabila hujan, jadi tidak akan terjadi banjir di atas paving block.

Karena digunakan untuk berbagai area seperti taman, lapangan atau yang lain. Maka paving block memiliki bentuk yang berbeda – beda juga. Berikut ini terdapat bentuk – bentuk paving block.

Bentuk – Bentuk Paving

Di bawah ini terdapat beberapa bentuk paving yang paling sering ditemukan di pasaran. Diantaranya sebagai berikut.

Bentuk Bata / Persegi Panjang

Ukuran paving block

Bentuk paving block yang pertama yaitu menyerupai bata dan membentuk persegi panjang. Paving ini termasuk yang paling populer dan sering digunakan karena penggunaannya yang mudah.

Paving bentuk bata bisa Anda gunakan pada halaman rumah, kantor, jalan setapak atau area lain. Selain itu karena bentuknya yang kotak memanjang membuat paving ini lebih mudah ketika dipasang.

Anda cukup menata satu persatu paving block bata hingga seluruh area tersebut tertutup paving. 

Bentuk Kotak / Segi Empat

Ukuran paving block

Selanjutnya yaitu bentuk paving block kotak. Paving block ini memiliki ukuran yang lebih pendek dari sebelumnya.

Karena bentuknya kotak pendek membuat paving ini cocok digunakan di halaman rumah yang cenderung kecil. Selain itu juga memiliki bobot yang ringan.

Namun, dengan bentuk yang cenderung minimalis membuat paving kotak tidak disarankan dipakai di area pejalan kaki. Karena dikhawatirkan kurang kokoh dan nantinya justru beresiko.

Bentuk Hexagon / Segi Enam

Ukuran paving block

Selain terdapat bentuk segi empat, paving block juga memiliki bentuk segi 6 atau hexagon. Untuk paving bentuk ini paling sering digunakan pada halaman lapangan dan masjid.

Bentuk hexagon memang terkenal kokoh dan kuat serta mudah ketika dipasang. Selain itu kebanyakan paving hexagon memiliki motif atau warna di atasnya. 

Sehingga ketika pemasangan Anda bisa menyesuaikan polanya dan halaman tersebut bisa terlihat lebih menarik.

Bentuk Taman / Grass Block

Ukuran paving block

Paving ini cukup berbeda dari bentuk – bentuk sebelumnya. Paving bentuk taman atau biasa disebut grass block merupakan paving yang memiliki lubang di bagian tengahnya. 

Lubang yang terdapat di paving tersebut sebenarnya merupakan tempat untuk menanam rumput. Jadi, karena paving block ini digunakan di taman maka munculah inovasi tersebut.

Jadi, walaupun area tamannya menggunakan paving tapi Anda tetap bisa menanam rumput di sana. Sehingga taman bisa terlihat lebih segar.

Bentuk Uskup

Ukuran paving lock

Sama seperti paving taman, bentuk uskup juga memiliki bentuk yang cukup berbeda dari paving biasanya. Paving block uskup sebenarnya hampir mirip dengan segitiga, hanya saja terdapat dua sisi di kanan dan kirinya.

Nah, kegunaan paving block uskup ini yaitu agar membentuk garis lurus di setiap sisinya. Sehingga apabila Anda sedang menggunakan paving bata, paving uskup bisa digunakan di setiap tepi halaman sebagai garisnya.

Selain digunakan agar terbentuk garis lurus, paving uskup juga kerap kali dipakai untuk hiasan rumah. Bisa Anda gunakan di bagian dinding atau halaman rumah.

Bentuk Trihex

Ukuran paving block

Paving block trihex atau trihexagonal merupakan gabungan dari tiga paving hexagon. Karena terdiri dari 3 gabungan, trihex bentuk trihex lebih menyerupai segitiga.

Sama seperti kegunaan hexagon, trihex juga seringkali digunakan di area jalan atau trotoar. Dan karena bentuknya yang unik, paving ini juga cocok digunakan sebagai hiasan dinding.

Bentuk Zig – Zag

Ukuran paving block

Bentuk paving yang terakhir yaitu zig – zag atau model cacing. Jika model paving lainnya cenderung bentuknya kaku, untuk model ini lebih fleksibel.

Paving block zig – zag bisa Anda gunakan di area jalan sama seperti paving block bata atau yang lainnya. Ditambah dengan bentuk yang dimiliki paving ini membuat jalanan terlihat lebih menarik.

Setelah mengetahui berbagai bentuk paving block, selanjutnya Anda harus mengenali ukuran paving block yang tersedia di pasaran.

Ukuran Paving Lengkap

Berikut ini beberapa ukuran paving untuk masing – masing jenis bentuk di bawah ini.

Ukuran Paving Segi Enam

  • panjang (20 cm) x lebar (20 cm) x tinggi (6 cm)
  • panjang (20 cm) x lebar (20 cm) x tinggi (8 cm)
  • panjang (20 cm) x lebar (20 cm) x tinggi (10 cm)

Ukuran Paving Segi Empat

  • Panjang (10,5 cm) x lebar (10,5 cm) x tinggi (6 cm)
  • Panjang (10,5 cm) x lebar (10,5 cm) x tinggi (8 cm)
  • Panjang (21 cm) x lebar (21 cm) x tinggi (6 cm)

Ukuran Paving Persegi Panjang

  • Panjang (21 cm) x lebar (10,5 cm) x tinggi (6 cm)
  • Panjang (21 cm) x lebar (10,5 cm) x tinggi (8 cm)
  • Panjang (21 cm) x lebar (10,5 cm) x tinggi (10 cm)

Ukuran Paving Block Rumput

  • 2 lubang: panjang (20 cm) x lebar (20 cm), tebal 8 cm
  • 5 lubang: panjang (40 cm) x lebar (40 cm), tebal 8 cm
  • 8 lubang: panjang (45 cm) x lebar (30 cm), tebal 6 cm
  • 8 lubang: panjang (45 cm) x lebar (30 cm), tebal 8 cm

Sebenarnya tidak hanya terbatas pada ukuran di atas, masih banyak berbagai ukuran lain. Tergantung dengan produsen paving block yang membuatnya.

Apabila Anda sudah memilih ukurannya, sekarang tinggal Anda hitung kira – kira akan butuh berapa paving setiap 1 meter.

Cara Menghitung Kebutuhan Paving Dalam 1 Meter

Kebutuhan paving setiap orang tentu berbeda – beda, tergantung dengan ukuran yang dipilih. Nah kali ini, kita akan membuat satu contoh saja, dari sini Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran paving yang Anda gunakan.

Misal, Anda memiliki halaman seluas 1 m2 dan hendak dipasangi paving block hexagon berukuran 20 cm x 20 cm. Maka paving yang dibutuhkan yaitu.

= 1 m2 : (20 cm x 20 cm)

= 10.000 cm : 400 cm

= 25 pcs

Jadi, dengan paving block hexagon berukuran 20 x 20 cm. Anda membutuhkan kira – kira 25 pcs untuk setiap 1 meter perseginya.

Namun, perhitungan di atas tidak pasti sama. Karena bagaimanapun juga keadaan di lapangan terkadang berbeda. Belum lagi ketika Anda menggunakan paving hexagon, maka di bagian pinggirnya masih terdapat sisa area yang belum tertutup paving.

Bagaimana, sampai sini Anda sudah bisa memperkirakan butuh berapa paving block dan sudah menentukan jenis yang akan dipakai?

Jika sudah, giliran Anda mencari produsen paving block berkualitas tinggi. Agar bisa mendapatkan paving yang kokoh.

Salah satu produsen paving block di Indonesia, khususnya Jawa Timur adalah PT Lawang Indah Beton. Kami memproduksi berbagai beton konstruksi setiap harinya.

Jadi, tidak perlu khawatir kapanpun Anda perlu supply paving block, kami siap melayani. Untuk info lebih lanjut terkait harga dan ukuran langsung saja kontak sales di nomor berikut  0812 3484 1015 atau datang ke pabrik pembuatannya di Jl. Anjasmoro 48, Lawang, Malang.

Similar Posts