Sumur Resapan: Pengertian, Manfaat Dan Cara Pembuatannya

Pengertian sumur resapan

Mungkin Anda pernah mendengar istilah sumur resapan, apalagi Anda yang berada di daerah rawan banjir. Tapi apakah Anda tahu pengertian sumur resapan itu sendiri?

Lalu mengapa sumur resapan banyak ditemui di daerah yang rawan banjir? Karena sumur tersebut dapat membantu menanggulangi banjir sehingga banyak di buat pada daerah yang rawan.

Untuk mengetahui lebih dalam pengertian sumur resapan, manfaat dan cara pembuatannya, Anda bisa simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Sumur Resapan?

sumur resapan

Sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik buatan manusia menggunakan buis beton yang berfungsi untuk menampung curah air yang turun ke tanah. Dengan adanya sumur resapan ini area resapan air akan lebih luas sehingga air akan mengalir ke sumur tersebut dan tidak menggenang di tanah.

Berbeda apabila daerah yang berpotensi banjir tidak memiliki sumur resapan, di atas tanah hanya terdapat aspal jalanan atau beton cor sehingga air tidak dapat menyerap ke tanah. 

Jika begitu air yang turun tidak bisa mengalir sampai bawah tanah. Jadi, fungsi utama sumur resapan memang untuk memperluas resapan air.

Tak heran jika sekarang di Jakarta, khususnya daerah rawan banjir banyak sumur resapan yang dibangun. Karena pemerintah sadar bahwa rekayasa sumur ini dapat membantu permasalahan banjir.

Namun, sumur resapan tidak hanya boleh dibuat pada daerah berpotensi banjir saja. Apabila Anda ingin membangunnya di sekitar untuk meminimalisir genangan air juga diperbolehkan.

Setelah mengetahui pengertian sumur resapan, berikut ini terdapat beberapa manfaatnya.

Baca Juga: Kumpulan Ukuran Paving Block & Bentuknya Lengkap

Apa Manfaat Sumur Resapan?

Sumur yang dibangun tersebut memang bertujuan agar proses penyerapan air ke tanah bisa lebih cepat. Namun, apa saja manfaat dari sumur resapan ini berikut diantaranya.

Mencegah Terjadinya Banjir

Manfaat sumur resapan yang pertama tentu sebagai pencegah banjir. Ketika hujan, maka air akan turun ke tanah semakin deras hujan tersebut maka akan semakin banyak juga air yang mengalir.

Apabila di area tanah tersebut hanya terdapat bangunan seperti trotoar, aspal atau bangunan yang tidak maksimal menyerap air maka air tidak dapat menyerap ke tanah dengan baik. Dengan begitu hanya akan menggenang di atas tanah. 

Semakin banyak air yang tergenang, potensi terjadinya banjir tentu akan semakin tinggi. Nah, dengan adanya sumur resapan di area tersebut air akan langsung mengalir lewat jalan menuju sumur.

Sehingga air tidak tergenang dan ditampung di sumurnya. Jadi, banjir pun bisa teratasi.

Meminimalisir Genangan Air

Masih berhubungan dengan sebelumnya, ketika air dengan mudah mengalir ke sumur resapan maka genangan air yang biasanya terdapat di atas tanah akan semakin berkurang. 

Semakin sedikit genangan air maka semakin kecil potensi terjadi banjir. Karena salah satu sumber terjadinya banjir adalah dari genangan air ditambah apabila terdapat sampah – sampah berserakan yang semakin mempersulit air mengalir.

Selain banjir, jika semakin banyak genangan air maka lama – kelamaan akan terjadi erosi dan mengakibatkan lapisan tanah akan terus terkikis. 

Jika lapisannya terus terkikis, maka pergerakan tanah akan lebih tinggi karena strukturnya tidak stabil.

Sebagai Cadangan Air Tanah

Mungkin Anda mengira bahwa sumber daya air memang tidak akan pernah habis. Tapi pasti Anda pernah mendengar daerah – daerah yang kekurangan air bersih kan? 

Nah, untuk mengatasi kekurangan air ketika hujan tidak turun Anda bisa membangun sumur resapan sebagai cadangan air. Anda bisa membangun sumur resapan dengan konstruksi yang fungsinya untuk cadangan.

Dengan begitu air yang mengalir dan tertampung pada sumur dapat Anda gunakan untuk keperluan sehari – hari karena merupakan air yang bersih. 

Baca Juga: Pengertian Batako, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya

Sebagai Sumber Irigasi Pertanian

Apakah Anda pernah melihat sumur resapan di daerah atau lahan pertanian? Jika iya maka sumur resapan tersebut digunakan sebagai sumber irigasi.

Seperti yang Anda tahu, kegiatan pertanian tentu membutuhkan sumber air yang banyak agar tanaman dapat tumbuh subur. Di samping itu, kita pasti akan mengalami musim kemarau.

Nah, dengan menggunakan sumber resapan dan memanfaatkannya sebagai cadangan atau penampung air. Maka ketika musim kemarau tiba Anda dapat menggunakan air yang terdapat di sumur sebagai pengganti air hujan yang biasanya.

Sehingga kebun atau pertanian Anda tidak akan mengalami kekeringan.

Sangat bermanfaat sekali kan sumur resapan ini? Tapi manfaat sumur resapan dapat dirasakan dengan maksimal apabila pembuatan sumur resapannya juga sudah baik dan sesuai aturan.

Lalu seperti apa sumur resapan yang bisa dikatakan baik?

Bagaimana Sumur Resapan yang Baik?

Sebelum membuat sumur resapan, ada baiknya Anda ketahui dulu syarat – syarat yang harus dipenuhi agar sumur resapan Anda dapat bermanfaat sebaik mungkin. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Lahan yang akan dibangun sumur resapan harus pada lahan yang datar, tidak boleh curam, labil atau bahkan pada area tanah belerang.
  2. Tempat sumur resapan harus dijauhkan dari tempat seperti penimbunan sampah, septic tank setidaknya 5 meter dari tepi sumur. Dan minimum 1 meter dari pondasi sumur.
  3. Penggalian sumur tanah dapat dilakukan hingga tanah berpasir atau maksimal 2 meter di bawah permukaan air tanah. Sedangkan untuk kedalaman muka air tanah minimum 1,5 meter ketika musim hujan.
  4. Struktur tanah harus memiliki kemampuan penyerapan air lebih besar atau sama dengan 2 cm/jam. Artinya genangan air setinggi 2 cm dapat terserap kurang lebih selama 1 jam. 

Untuk kemampuan penyerapan air (permeabilitas) sendiri dibagi menjadi 3 kategori yaitu.

  • Permeabilitas sedang: 2 cm – 3,6 cm/jam
  • Permeabilitas cukup cepat: 3,6 – 36 cm/jam 
  • Permeabilitas cepat: lebih besar dari 36 cm/jam

Itulah syarat – syarat ketika Anda hendak membuat sumur resapan. Apabila semua hal di atas terpenuhi maka sumur resapan Anda bisa dikatakan sudah baik.

Berbicara mengenai syarat pembuatan sumur resapan, lantas seperti cara pembuatan sumurnya sendiri?

Bagaimana Cara Membuat Sumur Resapan?

Sebelum masuk ke cara pembuatan, berikut ini terdapat beberapa bahan yang bisa Anda siapkan terlebih dulu.

Bahan Pembuatan Sumur Resapan

Pengertian sumur resapan 2 1 Sumur Resapan: Pengertian, Manfaat Dan Cara Pembuatannya 3
  • Bahan dinding sumur: dinding sumur dibagi menjadi 2, bagian atas dan bawah. Untuk dinding bagian bawah Anda dapat menyiapkan buis beton, sedangkan untuk bagian atas biasanya menggunakan campuran bata merah, semen, pasir dan air.
  • Isian sumur: untuk isian sumur Anda bisa menggunakan beberapa opsi, seperti pecahan batu berukuran 10 – 20 cm, ijuk, arang, atau pecahan bata merah.
  • Saluran air: agar air dapat mengalir dengan baik, Anda membutuhkan sambungan berupa pipa air PVC yang berdiameter 11 cm atau pipa beton lingkaran atau setengah lingkaran dengan diameter 20 cm.
  • Penutup sumur: untuk menutup sumur resapan Anda bisa menggunakan pelat beton yang terbuat dari campuran kerikil, semen dan pasir dengan tebal 10 cm.

Cara Pembuatan Sumur Resapan

 sumur resapan

Setelah menyiapkan bahan – bahannya, kini langsung pada proses pembuatannya. Cara pembuatan sumur resapan dibagi menjadi beberapa langkah, yaitu seperti berikut.

  1. Langkah pertama adalah gali tanah pada area yang hendak dibuat sumur resapan hingga mencapai kedalaman 1,5 meter. Pastikan ukur diameternya terlebih dulu sekitar 80 – 100 cm.
  2. Buat dinding bagian bawah menggunakan buis beton yang sudah disiapkan.
  3. Setelah itu lanjutkan dengan pembuatan dinding bagian bawah menggunakan bata merah dan semen seperti campuran biasa.
  4. Lalu buatlah parit di sekitar sumur yang berfungsi sebagai pembuangan air apabila sumur sudah meluap.
  5. Setelah parit terbuat, tanam pipa PVC tersebut di bawah tanah. Lalu sambungkan pipa tersebut ke talang air rumah.
  6. Selanjutnya isi sumur resapan dengan pecahan batu, ijuk atau pecahan bata merah yang sudah disiapkan. 
  7. Terakhir, tutup sumur tersebut dengan pelat beton agar semakin kuat. 

Sampai sini sumur resapan Anda berhasil terbuat dan Anda sudah lebih paham apa pengertian sumur resapan beserta manfaat – manfaatnya. 

Ketika membuat sumur dan menyiapkan bahan – bahannya. Pastikan Anda menggunakan bahan dengan kualitas sebaik mungkin, salah satunya adalah buis beton.

Karena digunakan sebagai dinding pada sumur resapan, maka Anda harus mendapatkan buis beton dengan kualitas yang tinggi agar sumur resapan Anda bisa kuat menampung air dan tidak mudah hancur. 

Anda bisa mendapatkan buis beton pada produsen konstruksi Lawang Indah Beton. PT Lawang Indah Beton menyediakan berbagai jenis konstruksi beton yang Anda butuhkan seperti batako, paving block, kanstin, genteng beton, pagar panel beton dan buis beton untuk sumur resapan.

Apabila Anda tertarik membelinya, langsung saja hubungi sales kami pada nomor berikut 0812 3484 1015 atau datang langsung pada pabrik kami di Lawang, Malang.

Similar Posts