Harga Bondek Cor Per Lembar Terbaru 2022

harga bondek

Salah satu bahan konstruksi yang seringkali dibutuhkan adalah bondek cor. Material ini menjadi pilihan tepat para kontraktor karena sifatnya yang sangat praktis, kuat, dan mudah penerapannya.

Jika dibandingkan dengan triplek atau papan, bondek jauh lebih direkomendasikan serta harga bondek cor ini cukup terjangkau.

Bondek cor terbagi menjadi beberapa jenis dengan ukuran dan harga yang berbeda. Bahkan, setiap bondek memiliki kelebihan tersendiri. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca uraian berikut mulai dari pengertian hingga harga per lembarnya.

Baca Juga: Harga Baja Ringan Terbaru 2022 Perbatang & Permeter

Pengertian Bondek Cor Secara Umum

Bondek cor merupakan jenis bahan konstruksi berupa lembaran yang dibuat khusus dari galvalum dan berlapis galvanis. Fungsi Material ini hampir sama dengan papan atau triplek. Bondek sengaja dibentuk mirip seperti seng bergelombang.

Meskipun begitu, fungsi bondek dan seng tidak sepenuhnya sama. Plat atau tekuk bergelombang pada bondek ini dibentuk untuk menopang kekuatan beton yang diaplikasikan pada proses pengecoran.

Umumnya, bahan ini juga digunakan pada saat proses pengecoran dak di lantai bangunan tertentu. Fungsinya yakni sebagai pengganti sistem konvensional yang umumnya hanya mengandalkan bahan triplek. Selain sebagai alternatif triplek, bondek cor juga memiliki fungsi sebagai tulangan positif suatu beton.

Baca Juga: Inilah Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Untuk Rumah Anda

Berapa ukurannya? Bondek cor memiliki ukuran yang  sangat beragam. Ukuran panjangnya biasanya mulai dari 4 meter, 5 meter, dan 6 meter sedangkan tebalnya antara 0,65 mm & 0,7 mm. Anda bisa menyesuaikan dengan proyek bangunan yang sedang dijalankan.

Seperti halnya panjang dan ketebalannya, lebar bondek juga bervariasi, seperti 60, 70, hingga 80 cm, bahkan ada yang mencapai 1 m. Hanya saja, kebanyakan kontraktor lebih memilih bondek dengan lebar 1 m. Secara umum, tujuannya yakni untuk mempermudah penghitungan material.

Kegunaan Bondek Cor

harga bondek cor

Bondek tergolong material kuat jika dibandingkan dengan yang lain seperti triplek dan sejenisnya. Inilah yang menyebabkan sebagian kontraktor atau tukang lebih memilih menggunakan bondek saat pengecoran. Biasanya, material ini digunakan untuk berbagai konstruksi, misalnya :

  1. Parkiran bangunan (seperti gedung bertingkat)
  2. Stadion
  3. Jembatan
  4. Beton rumah
  5. Dan masih banyak lagi

Umumnya, bondek cor ini memang dipakai saat pengecoran bengunan berlantai dua. Istilah lainnya yakni metal decking. Anda bisa bisa menyangga bondek tersebut dengan balok baja atau bahkan balok biasa.

Baca Juga: Mengenal Atap Genteng Fiber : Jenis, Ukuran, Harga Dan Kelebihannya

Keunggulan Bondek Cor Dibandingkan Triplek

Ada beberapa alasan lain kenapa bondek lebih direkomendasikan. Ini karena beberapa keunggulan yang ditawarkannya, antara lain:

Penggunaan Besi Berkurang

Material ini memiliki tampilan atau permukaan bergelombang. Gelombang atau lekukan-lekukan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tulangan untuk meningkatkan kekuatan beton. Penggunaan material ini juga bisa mengurangi penggunaan besi. Biasanya, pada bangunan yang memanfaatkan bondek, peran besi akan digantikan dengan wire mesh.

Tiang Penyangga Berkurang Jumlahnya

Biasanya, tukang akan meletakkan material ini di atas ring balok (beton tulangan). Fungsinya apa? Yakni untuk mengurangi penggunaan tiang penyangga yang biasanya dipasang sebagai penahan cor dengan jarak sekitar 40 hingga 60 cm. Bahkan, Anda bisa melebarkan 1 hingga 1,2 m bondek di antara penyangga sehingga bisa menghemat penyangga.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Pelapis Genteng Agar Tidak Bocor

Proses Pengerjaan Lebih Cepat dan Rapi

Saat pengecoran, menggunakan bondek jauh lebih menguntungkan. Hal ini karena material tersebut mudah diaplikasikan sehingga pekerjaan cepat selesai dan dengan hasil yang rapi, khususnya plat lantai bagian bawah. Secara tidak langsung, cepatnya proses pengerjaan tersebut telah membantu menghemat biaya.

Anti Karat

Bondek cor ini sifatnya anti karat. Ini karena umumnya, bahan dasar material ini adalah galvanis yang juga bersifat anti karat. Artinya, material ini sangat awet dan tidak mengalami korosi dalam kurun waktu yang panjang. Jadi, Anda tidak usah risau atau cemas saat memakainya dalam pengecoran.

Jenis-Jenis Bondek Cor

harga bondek cor

Selanjutnya, Anda harus mengenal lebih lanjut terkait jenis bondek cor. Jenis bondek itu beragam. Namun, berdasarkan beberapa pertimbangan, baik dari segi kekuatan dan harga, bondek yang mampu menawarkan hasil terbaik adalah bondek yang terbuat dari baja ringan.

Di pasaran, Anda akan menemui banyak jenis bondek, seperti bondek seng, alumunium, dan tembaga, tetapi hanya ada dua jenis bondek berbahan dasar baja ringan, yakni bondek galvalum dan galvanis. Lalu, apa itu bondek galvalum dan galvanis? Berikut penjelasan detailnya:

Baca Juga: Kumpulan Ukuran Paving Block & Bentuknya Lengkap

Bondek Galvanis

Sudah sejak lama, galvanis ini dipakai sebagai material atau bahan konstruksi. Bondek jenis ini dibuat khusus dari campuran alumunium dan seng. Campuran dalam galvanis tersebut, khususnya seng, berfungsi untuk melindungi lembaran baja atau besi dari polusi. Sehingga, besi tersebut akan tahan lama dan tidak berkarat.

Untuk komposisi galvanis, bila diuraikan adalah :

  1. Zink (seng) sebanyak 97 %
  2. Aluminium sebanyak 1 %
  3. Selebihnya adalah logam lain.

Bondek Galvalum

Berbeda dengan galvanis, bondek galvalum lebih didominasi oleh alumunium. Tingginya kandungan aluminium tersebut membuat bondek ini lebih tahan karat jika dibandingkan dengan bondek galvanis. Hanya saja, bondek galvalum sangat rentan terhadap semen. Inilah yang menyebabkan bondek ini lebih cepat keropos.

Untuk komposisi galvalum adalah :

  1. Aluminium sebanyak 55 %
  2. Zinc sebanyak 43,5 %
  3. Silikon sebanyak 1,5 %

Setiap bahan tersebut mempunyai peran masing-masing, yakni :

  • Zinc (tepatnya di permukaan baja) akan menciptakan penghalang agar bondek tidak lembab dan terhindar dari korosi.
  • Alumunium akan memantulkan panas sekaligus mencegah korosi.
  • Silikon berperan untuk meningkatkan kerekatan lapisan sehingga tetap bertahan pada posisinya saat baja ditekuk ataupun digulung.

Dari kedua jenis bondek tersebut, manakah yang paling bagus? Keduanya sama-sama bagus karena sama-sama memiliki kelebihan tertentu. Ada banyak perusahaan yang menawarkan bondek galvanis dan galvalum terbaik, salah satunya yakni PT Lawang Indah Beton.

Baca Juga: Harga Genteng Beton Per M2

List Harga Bondek Cor per Lembar

harga bondek cor

Bondek cor baik galvanis ataupun galvalum menawarkan harga yang berbeda-beda. Perbedaan harga tersebut tergantung ukuran yang hendak Anda pesan. Artinya, Anda bebas membeli bondek dengan ukuran tertentu sesuai kebutuhan.

Umumnya, panjang bondek mulai dari 3 m, 4 m, 5 m, hingga 6 m dan lebarnya mulai 0,6 hingga 10 m. Sedangkan ketebalannya mulai dari 0,65, 0,70, 0,75, hingga 1 mm. Namun, kebanyakan kontraktor menggunakan bondek yang berukuran 0,75 mm atau 1 mm.

Agar jelas gambaran harga pasar bondek galvanis dan galvalum, di bawah ini adalah list harga bondek per lembarnya :

Jenis BondekUkuranHarga
Bondek Galvanis0,70Rp. 143.000
Bondek Galvanis0,75Rp. 148.000
Bondek Galvalum0,65Rp. 126.00
Bondek Galvalum0,70Rp. 145.000
Bondek Galvalum0,75Rp. 157.000

Note:

  1. Setiap daerah tentunya menawarkan harga yang berbeda.
  2. Gambaran harga di atas bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Harga bondek itu tergolong fluktuatif yang akan selalu berubah mengikuti perubahan atau perkembangan harga baja. Sehingga, Anda membutuhkan perhitungan terkini untuk mengetahui efisiensi pemakaian bondek.

Berdasarkan penjelasan diatas, Anda pasti bisa menarik kesimpulan bahwa bondek cor sangat direkomendasikan untuk pengecoran bangunan. Yang pasti, Anda harus bijak memilih dan menerapkannya agar hasil konstruksi tepat sasaran dan sesuai harapan.

Similar Posts